Apa Itu Tafsir Mimpi?

Tafsir mimpi merupakan proses menerjemahkan mimpi menjadi petunjuk. Pada dasarnya ilmu mengenai tafsir mimpi cenderung tidak dapat dibuktikan secara ilmiah. Hanya saja, beberapa hasil tafsiran dari mimpi yang dialami sering kali benar – benar menjadi kenyataan. Oleh karenanya, hasil tafsir mimpi pun akhirnya banyak dipercaya atau pun diyakini oleh masyarakat.

Kebiasaan menafsirkan mimpi sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yaitu sejak jaman kerajaan Mesir kuno. Di masa itu, ilmu tafsir mimpi banyak digunakan untuk memprediksi berbagai macam hal yang mungkin terjadi di masa mendatang. Hebatnya, meskipun hanya berupa terkaan, banyak prediksi mimpi yang berhasil menjadi kenyataan.

Sejak saat itu, hingga era modern seperti sekarang ini, aktivitas menafsirkan mimpi akhirnya menjadi sebuah kebiasaan dan dianggap sebagai suatu hal yang wajar atau bahkan bermanfaat. Pasalnya, dengan mengetahui arti mimpi yang baru saja dialami, seseorang dapat memprediksi apa yang akan dialaminya di masa mendatang. Dengan begitu, ia dapat membuat persiapan untuk menghadapi hal tersebut.

Nah, di dunia modern sendiri, ilmu tafsir mimpi saat ini sudah bisa dipelajari di dunia pendidikan formal. Saat ini sudah ada banyak sekolah psikologi dan neurobiologi yang menawarkan berbagai macam teori mengenai cara menafsirkan mimpi. Ya meskipun hasilnya tidak dapat dipastikan benar 100 persen, namun mayoritas teknik tersebut cenderung jauh lebih “masuk akal” ketimbang cara menafsirkan mimpi dengan teknik supranatural.

Di lain sisi, dengan menggunakan ilmu psikologi dan neuro biologi, beberapa mimpi yang tidak memiliki arti sama sekali nantinya juga akan bisa terdefinisikan dengan jelas. Pasalnya, beberapa mimpi tertentu terkadang memang tidak memiliki arti sama sekali dan hanya muncul sebagai bunga tidur belaka.